Jumat, 28 Desember 2012

Menghitam Untuk Pengalaman


Well.. kalian paling juga tau penampilan  saya ini kaya apa. Kucel, ga suka pake rok, ga bisa rapi dan sebagainya. Tapi makin dewasa kerapihan kebersihan dan "kewanitaan" bisa dikompromikan ke dalam hidup saya haha. Saya sewajarnya sekarang suka pakai pakaian rapih, agak bener menata rambut, atau ingin warna kulit tidak belang -__- yayayaya.

Sampai pada akhirnya saya tersadar karena 1 bulan ini saya lebih sering dirumah, saya sadari kulit saya sudah mulai menyatu garis batas belang-belangnya, senangnya (tadinya) tetapi akhirnya saya sadar bahwa sebenarnya senang ini gak seberapa bila dibandingkan dengan kerena apa saya bisa belang dan mengjitam. Setelah saya pikir- pikir saya menghitam karena jalan-jalan atau tuntutan pekerjaan yang mengharuskan saya panas-panasan plus ditambah wira-wiri naik motornya. Saya jadi teringat kata-kata Al kemarin "kalo di kantor nih (divemag) yang putih malah sedih, pokonya yang item-item pada belang itu yang bangga". Sekarang saya mengerti dan merasakan hal yang sama seperti Al apa sih yang membuat mereka rela tidak perduli penampilan jadi kucel kulit jadi gosong? oke jawabannya adalah : Pengalaman. 

Iya baru saya sadari bahwa menghitam untuk pengalaman itu nikmatnya tiada tara.  Hmm saya memang berlebihan, mungkin kalian semua berfikir pengalaman bisa dateng dari mana aja baik indoor atau outdoor. Iya memang betul, tetapi mungkin karena saya kurang begitu mengingat- ingat pengalaman berharga mana yang saya dapat di dalam sebuah ruangan maka saya anggap diluar sana, dibawah terik matahari pengalaman yang saya dapatkan sungguh luar biasa. Saya akan sedikit  pamer menceritakan tentang pengalaman saya yang sebenernya masih cemen.

Oke saat SMA saya memutuskan untuk ikut ekstrakurikuler pecinta alam. Entah ada angin apa saya masuk dan ikut pelatihan ekskul yang bener-bener bikin emosi jiwa tapi bisa bikin saya bilang : “Sekolah gw bukan 47, tapi sekolah gw PATTUPALA”. Kegiatan pecinta alam ini terdiri dari 3 divisi yaitu mountaineering, caving, dan climbing. Sampai sekarang saya ga tau alasannya mengapa itu gunung capek-capek di daki lalu udah sampai puncak terus udah gitu kita turun lagi, atau caving santai-santai kita SRT sampai bawah lalu setengah mati kita jumaring ke atas.. mungkin itu kali yang dinamakan cinta sampe gatau alasannya apa haha. Oke PATTUPALA adalah organisasi pecinta alam yang 90 pesen kegiatannya diluar 10 persen cuma materi kelas. Jelas dengan saya jalan-jalan bersama PATTUPALA saya punya pengalaman banyak. Dari mulai sekedar latihan sampai mengadakan perjalanan.

Pengalaman dibawah matahari yang lain adalah tepat dibawah sinar matahari khatulistiwa yaitu saat magang di Kalimantan. 70 persen kegiatan magang sekaligus penelitian skripsi ini ada di lapangan a.k.a di luar sana. Mulai dari menyebrangi sungai segede laut mengitari perkampungan warga yang rumahnya mengapung diatas sungai dan kegiatan lainnya yang menghasilkan keringat serta menghitamkan kulit saya alami. Banyak hal yang saya alami di lapangan, dan senangnya itu sangat bermanfaat bagi diri saya. Orang tidak akan tau bagaimana dirinya dapat atau tidak menyelesaikan masalah kalau belum terjun langsung ke lapangan. Dengan kita keluar kita bisa melihat realita yang ada bagaimana orang lain mempunyai budaya dan kebiasaan yang jauh berbeda dengan kita.

Mungkin menghitam sama halnya dengan selogan detergen pencuci pakaian: ga kotor ga belajar | ga gosong ga pengalaman! haha

curhat colongan

Mungkin ini bukan keadaan yang tepat untuk menulis. Tidak enak hati, tidak enak pikiran, dan tidak enak badan terlalu banyak yang ingin diceritakan tetapi numpuk di kepala hingga bingung mau menulis yang mana dulu.

Sekarang ini status resmi saya sarjana, tapi status nyata-nya pengangguran. "Sedih dang? iya sedih. Bosen dang? banget" kalau boleh lebay rasanya pengen saya bakar samir sarjana atau samir cumlaude itu. Saya malu sama samir itu, pertanda saya malu dengan diri saya sendiri. Satu bulan ini saya berpendapat cari kerja itu sulit, tetapi sekarang saya coret pemikiran itu. Cari kerja itu mudah, move on untuk belajar itu yang sulit. Saya tidak pungkiri sepertinya tingkat kemalasan ini bertambah semenjak tidak berhubungan dengan kegiatan perkuliahan saya sangat menyesal dari kurang lebih 6 bulan lalu saya kurang produktif, jadinya sampai males ngapa-ngapain gini sampe mikir aja terkadang males, otak saya seakaan membeku karena lama ga dipakai, sama halnya dengan si hitam (motor kesayangan saya) kalo ga dipake ya dia susah nyala -nya.

haha saya jadi curhat kan nih, ya pokonya gitu lah ya, intinya ini bagian yang saya gak suka banget dalam bagian hidup saya, saya harap gak lama- lama deh begini :"

Selasa, 18 Desember 2012

Good Time


The picture above is my friends. They are good friends for me. This picture was taken at the early semester. Now i miss them. I wanna back the time together with them. Much memorable things i did with them. They are too nice for me, they treat me like a family.Sometimes i think they are too busy to listen my problem but they exist when i need friends to make me happy. thank you for your goodness for 4 years. i belive we will be the best. i love you all.

Profit Oriented

saya orang padang.
kata orang, orang padang pelit.
tapi banyak orang padang bilang, orang padang itu bukan pelit tapi perhitungan.
saya merasa saya itu termasuk pada stereotype orang banyak tersebut.
entah pelit atau perhitungan.
sama saja
perhitungan toh terkadang saya sadari itu bagian dari pelit.
tapi saya bete kalo dikatain pelit.
hehe.
dari sifat dasar yang mendarah daging seperti itu,
timbulah habit yang kurang baik,
semua saya ukur pake duit,dut, dan duit
astagfituloh -_-
lagi enak2 pacaran pulang2 bete-bete gara2 duit nya abis.
abis makan enak2 udahnya bete lagi gara2 duitnya kekurang.
abis ngapain aja nih yang ada hubungan nya ama ngeluarin duit jatohnya gua bete gara2 duit gua kepake.
astaga diaaahhhh
harus kau buang itu pikiran biar ga jadi penyakit
hahahhaha oke saya ga akan perhitungan lagi! (i wish)

Minggu, 16 Desember 2012

Underwater Fashion Photography


Hi! i just to share my photo shoot underwater experience with UGM's Dive Club and Divemag Indonesia. Muljadi Pinneng Sulungbudi a.k.a pinneng as underwater photographer and Gemala Hanafiah as profesionnal underwater model. This photo shoot took place in the pool Soekotjo Magelang central Java.





the water is very cold, because it comes from the mountain springs. The profits we make  shooting here is an eyes not sore because the water does not contain chlorine at all, we have better image quality, but I froze losses during the shooting took place. brrrr

Rabu, 12 September 2012

Jl. Trimo No 3 Kotabaru YK ( Depan Gerbang Lap. Basket SMA Bopkri 1)


Bukan.. bukan, bukan petunjuk tempet makan kok ini, ini masih satu tema dengan postingan sebelumnya yaitu tentang kosan. Judul tersebut adalah alamat kosan gw di Jogja, Iyee lebay emang, tapi fungsi penekanan-penjelasan keterangan lebih lanjut seperti judul diatas sangat berfungsi buat pak pos, mas- mas JNE dan mas- mas TIKI. Kalo gak ada keterangan tempat  itu paket- paket online shop kami bakal nyangkut di kantor- kantor jasa pengiriman terdekat.
Jadi, hobi dari anggota kosan ini adalah beli- beli barang di online shop hehe. Jadilah kami semua selalu menuliskan alamat kosan seperti itu. Tapi inti tulisan ini bukan hanya ngebahas alamat kosan ataupun penjabaran barang- barang apa saja yang kita beli, tapi mau ngenalin (kontak jodoh kali dang ngenaliiin), mau mendeskripsikan (bahasanya metopen bgt kan ya, maklum masih bau- bau ruang sidang) anggota kosan gw yang caem- caem :3. Anggota kosan gw sebenarnya ada empat orang termasuk gw. Tapi karena anak bungsu yang punya rumah a.k.a si ibu kos cilik *halah* hanya terpaut 1- 3 tahun  dari para anggota kosan lainnya maka strata nya disamakan saja lah yaa. Deskripsi gw buat dengan tingkat subyektif yang tinggi namun tidak menurunkan pasaran. Okay here they are..

1. Anggid Suryani

Biasa gw pangil dengan sebutan Kak Anggita, ini dia Ibu Kos cilik gw. Dia adalah anak kedua dari bapak ibu nya (yaiyalah). Terlahir bungsu dari dua bersaudara. Terpaut satu tahun lebih tua dari pada gw tapi dua angkatan diatas dari gw, gatau gimana ceritanya yang jelas waktu SD ka anggid pasti nyogok biar bisa masuk walau belum cukup umur. Ka anggid di mata gw adalah sosok perempuan yang baik soalnya sering ngasi makanan haha engga gitu juga deng.. Di mata gw Ka Anggid udah cocok banget jadi ibu rumah tangga di bandingin kita bertiga yang unsur naluri ke ibuannya dibawah rata- rata hehe. Ka anggid pada dasarnya sosok yang sabar tetapi terkadang juga gak sabar. KA Anggid bisa mengalah untuk orang lain. Bisa selow tapi juga bisa meledak- ledak. Pada intinya Ka Anggid moody, susah ngerti doi lagi seneng atau lagi bete, sedih, dll. Ka Anggid juga suka ngobrol, dari mulai hal sepele ampe hal- hal berat sampe ga sadar udah satu jam aja cerita- cerita :D Dia juga hobi kuliner, kalo beli makanan pasti macem- macem. Suka cobain berbagai makanan kesana kemari, kalo nanya tempet makan atau harga makanan yang paling tau pasti Ka Anggid. Menurut subyektif gw lagi ka Anggid adalah sosok perempuan yang teliti dan detail dia peka akan kesalahan atau perubahan yang terjadi di sekitarnya. Dan kalo Ka Anggid sering bilang dia itu pelupa, menurut gw malah daya ingatnya tinggi mungkin karena orangnya detail jadinya jauh dari kesan cuek. Tapi karena sifatnya yang gak cuek itu terkadang Ka Anggid jadi takut melangkah dan coba hal baru. Jadi saran saya..... (halah kok kayak konsultasi di majalah sih dang) hehe sotoy gw emang tapi gapapa ya namanya juga berpendapat. Haha pokonya perempuan kelahiran 19 April ini baik, cantik, suka masak, berani manjat toren air, kuat nyetir antar provinsi sendiri hehe pokonya oke lah yaws!

2. Dwimayeni Sawitri

Perempuan Bali ini biasa gw panggil Ka Uwi kalo udah ngobrol seru pasti kuping pengeng atau gak budeg haha soalnya kalo ka uwi udah seru, ngomongnya toa dan bisa dalam satu nafas macem baca tartil Al- Quran hehe. Banyak hal baik yang sering gw contoh dari dia, pertama disiplin dan prinsipnya yang menurut gw cukup ok. Gw memandang ka Dwi adalah orang yang selalu profesional,ya mungkin karena pengalamannya yang udah kerja dan sedang studi S2 ini membuat dia terbiasa memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya supaya performa nya oke. Saat ka Dwi punya target dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan dan membuat target itu sukses. Itu yang gw contoh dari dia. Oke sifat males pasti ada, apalagi kalo mager gak ketolongannya tetapi dari keseharian dia yang gw kepo in *halah* doi bisa profesional minimal sama dirinya sendiri. Dari ceritanya, Ka Dwi juga mempunyai keluarga yang lumayan asik (iyalah asik, tinggalnya aja di Bali) dengan bokapnya yang Hi- tech atau adeknya yang kocak  kata si didi “Udah gede ade lo masih bloon aja deh Ka” hehe. Ada kengirian tersendiri mendengar keharmonisan keluarga Ka Uwi di Bali walau gw belum pernah salim ama bapak emaknya. Ka Dwi juga perempuan yang PD. Kalo kita (lebih pada gw, didi, dan uli) suka rempong masalah penampilan, kalo ka Dwi mah pede- pede aja mau pake baju apa aja pagi, siang, malem mah selow dan kita orang lain yang liat juga asik- asik aja. Hehe ada benernya ya berarti kalo orang udah berpenampilan pede dan makeknya nyaman sih enak- enak aja diliat. Hmm kayanya sih ini Ka Dwi udah terbang ke langit yang tinggi haha. Jangan seneng dulu kak dibalik puji-pujian gw masih ada kekurangan Ka Uwi... yaituuuu gampang emosi nan gampang tiba- tiba diam seribu bahasa bete lalu semua orang bingung karena jadi merasa bersalah. Hehe menurut subyektif gw lagi, mungkin dengan cara ini Ka uwi yang lagi bete mencoba menenangkan diri, mungkin dia bingung kalo bete jadnya lebih memilih bungkam mulut males basa basi sama orang lain. Tapi kite kak ngeri liatnye!

3. Nadya Amira

Scorpio Girl ini gw kenal dari masa SMP, Nadya Amira yang disapa Dee Dee (tapi gw lebih suka nulisnya Didi biar kagak ribet) dari dulu sampe sekarang udah buanyaaaaak banget progresnya. Dulu waktu SMP gw ngira ni anak turunannya oneng istrinya Mat solar. Ngomongnya lemot buanget orangnya juga lemot. Pokonya ukuran anak SMP tapi super penakut dan pemalu. Gw ngerasa ni anak kurang pengalaman idup haha. Tapi sekarang si Didi bak ulat yang bertransformasi menjadi kepompong lalu pelan-pelan keluar menjadi kupu-kupu yang yoi (haha kok gw geli sendiri ya sama tulisan gw). Didi yang sekarang udah ga penakut lagi bahkan udah beranjak nakutin, udah ga pemalu lagi tapi malu-maluin. Hehe susah rasanya gak godain gak ngecengin didi. Tapi emang bener fase SMP- SMA- dan kuliah gw tau dia, jadi terlihat progresnya seperti apa, sampai- sampai di UGM kini masuk Fakultas Hukum dan konsentrasi (yang katanya keren) Pidana. Sampai saat ini, saat sudah sah menjajaki garis awal mahasiswa tingkat akhir, gw ngerasa dia cocok dan berpotensi dengan Ilmu Hukum. Walaupun terkadang kurang tegas dengan dirinya sendiri tetapi dari contoh- contoh tanggung jawab dia dalam megkoordinir orang- orang disekelilingnya saat KKN, atau saat mata kuliah berkelompok menurut gw dia udah punya bargaining position yang baik menjadi “orang- orang di jalur hukum”. Didi dimata gw adalah orang yang paling banyak pertimbangan dalalam hidupnya bila dibandingkan dengan Ka Anggid, masih lebih cuek Ka Anggid sebenarnya. Didi lebih terlihat cuek namun sebenarnya banyak banget pertimbangan baik buruk dari setiap apa yang dia lakukan. Kadang- kadang sifat banyak pertimbangan ini bikin dia sendiri ribet. Didi bisa cuek kaya cowo bisa sensitif kaya cewe banget. Yang pasti Didi adalah orang yang bisa di kasih kepercayaan. Kalau keseharian sih selain kuliah di siang hari, ngelawak di sore hari , dan kalo udah malem ya nge- RT in akun Notebook hehe. Oh ya satu lagi dia orang paling maksimal kalo sayang sama orang. Iya maksimal dan niat.

4. Ulima Andari

Gadis berbobot 52 Kg ini (haha digampar timbangan) bener- bener selow, selow dalam artian ga pernah marah. Belum pernah gw liat Uli marah, mungkin kalo sekalinya uli marah serem juga sih ya. Iya, Ulima Andari kita panggil uli, ulay, ulimah,yulimah, yah apapun itu. Uli menurut ga belum kompleks sih sifat dan problema yang dihadapinya. Uli masih lumayan muda, lagi nikmati tengah- tengah perkuliahan di kampusnya banyak kegiatan, ramah, murah senyum, menarik. Tapi uli emang masih kaya anak kecil sih banyak hal yang terkadang dilewatkannya karena dia ga sadar dan kurang peka. Banyak hal yang dia anggap serius padahal kita becanda, dan gampang banget dipengaruhi orang haha apalagi masalah berat badan ama warna kulit (digampar timbangan lagi). Pikirannya juga simple membawa hidup ringan- ringan aja keliatannya. Yang gw salut di tengah-tengah padatnya dia kuliah dan lagi seneng- senengnya pacaran pas gw tanyain IP nya masih stabil, berarti dia juga cukup tanggung jawab dengan apa yang menjadi tujuannya datang ko kota ini. Apaya yang paling kompleks dari uli, yah paling kurang pede nya uli yang bikin kita iseng ngeceng- ngecengin sama aksi nya MENOLAK NASI! Yang udah ngalahin MENOLAK LUPA!-nya Munir. Suka gemes gw kalo liat uli makan cepete cepete kagak penting dan itupun tanpa nasi. Tapi selalu suka ngeliat uli kaga bisa berenti ngemil hehe.  Ya sebenarnya gampang sih solusinya, yaitu berkacalah pada Ka Dwi. Ya pokonya Uli adalah sosok yang se normal- normalnya cewe, suka nonton drama korea, suka dandan- dandan, suka baca novel, dan suka baca komik Kobocan kalo boker dan naro komiknya di tempet peralatan mandi yang sangat amat teramat riskan kena cipratan air dari bak mandi. Yah itu lah Uli yang kamarnya disebelah kanan kamar saya :)

Ya begitulah deskripsi yang dapat gw jabarkan selama setahun lebih ini, entah ada angin apa ngomongin mereka berempat, mungkin karena gw sayang mereka maka gw perlu mengomentari baik buruk mereka agar selalu dapat membangun mereka agar lebih baik lagi, atau mungkin karena gw sudah berada di penghujung waktu untuk berdomisili dan indekost Jl. Trimo No 3 Kotabaru YK ( Depan Gerbang Lap. Basket SMA Bopkri 1) :)

Kosan


Kata kosan setau gw dari kata in de kost, soalnya nyokap gw sering bilang “iya anak saya in de kost di Jogja”. Kata "In de kost" sepengetahuan gw dari hasil mantengin kuis Siapa Berani berasal dari bahasa Belanda. Dan setelah gw iseng googling jawabannya begininih :

"Karena zaman kolonial Belanda merupakan negara terpandang maka banyak yang ingin tinggal di belanda maka mereka tinggal di rumah orang belanda dan bersekolah mengikuti pelajaran di negaratersebut. Situasi inilah mungkin sisi paling penting dari konsep "in de kost" zaman dulu, yaitu mengadaptasi dan meniru budaya hidup, bukan sekedar hanya makan dan tidur saja, namun diharapkan setelah berhenti menumpang, sang anak dapat cukup terdidik untuk mampu hidup mandiri sesuai dengan tradisi keluarga tempat dimana ia pernah tinggal. Hal ini dianggap mirip atau sama dengan konsep "Home stay" (bahasa Inggris) di zaman sekarang.


Empat tahun lebih gw kuliah di Jogja, sekitar dua tahun lebih gw tinggal di kosan selebihnya gw pernah ngontrak bareng 3 teman. Tahun pertama masuk kuliah jelas gw ngekost, dengan model satu kamar berdua, satu kasur berdua, satu kamar mandi berame- rame dan itu hanya mampu bertahan 1 tahun. Sebenarnya gak ada masalah sama temen sekamar gw dan kondisi serba berbagi dan mengisi *tesahh*. Tetapi kondisi empunya kosan alias induk semang alias ibu kosan gw yang galaknya tingkat dewa Siwa bikin gw ga betah lama- lama ngekos disitu. Oh ya sebelumnya gw jelasin dulu tipe kosan yang ada di kota Yogya. Sebenarnya sih kawasan UGM lumayan tertib dibandingkan daerah luar UGM. Tapi tipe kosannya cukup banyak, kategorinya seperti dibawah ini :

1. Kosan Muslimah
Yah Alhamdulillah untungnya sih tahun pertama gw gak kejebak disini. Setau gw wilayahnya ada di deket- deket UGM di daerah yang lumayan padet ama tetangga yang masih guyub dan deket mesjid (agak sotoy) daerah Karang Malang, Karang wuni , Swakarya (beberapa swakarya). Daerah tersebut adalah kosan kawasan  Fak. Humaniora, kalo kawasan Fak Alam gw gatau persis dimana. Ya ciri- ciri nya mudah dideteksi pertama pasti rumah sharing sama inuk semang, anggota kosan jilbaban panjang dan lebar, harga sewa murah, sharing bathroom, ada tulisan jam malam di pintu senin- jumat sampe jam 8 malam, Sabtu – Minggu sampe jam 9. Dan banyak tulisan- tulisan batas suci, dilarang ini itu, ada ruang tunggu buat tamu cowo. So pasti kosan ini syepi dan krik- krik

2. Kosan Semi Muslimah
Sayangnya tahun pertama gw ada di tipe ini bro, kosan semi muslimah. Ciri- ciri nya ga jauh beda sih ama kosan muslimah cuma jam malemnya rada lamaan dikit beda sejam lebih lama dari pada kosan muslim (pihh). Induk semang gw galak segalaknya manusia. Tipe ibu kos di film2 persis. Menor, rumpi, galak, pelit, dan kerjaannya cuma ibu rumah tangga jadi dia super selo. Anak- anak kosan gw juga macem dari berbagai pelosok Jawa dan sumatra tapi mereka setipe : Manutan dan takutan.  Dengan kondisi terjebak suasana akhirnya gw dan roommate gw hanya mampu bertahan satu tahun di kosan gubuk derita tersebut dan memutuskan untuk segera cari kontrakan.

3. Kosan Normal                                   
Kosan normal ini selayaknya kamar kita sendiri di rumah bahkan terkadang lebih nyaman dari pada kamar kita di rumah, tapi dengan catatan harga standar kosan jogja. Saat zaman gw ngekos harga 400 ribu- 500 ribu adalah harga standar kosan normal bin layak. Dengan suasana bersih nan nyaman fasilitas cukup memadai, peraturan masuk akal ya setidaknya lebih longgar dari aturan emak lo di rumah.

4. Kosan Koboy
Kosan koboy adalah kosan yang bebas, dengan tipe tidak ada jam malam, cowo boleh- boleh aja masuk. Anggota kosan tidak terlalu akrab alias elo- elo, gue- gue. Kosan koboy biasanya ada yang jaga tetapi sebatas tukang bersih- bersih halaman yang merangkap teknisi kosan. Pokonya prinsip kosan ini : urusin urusan lo sendiri, guweh kaga mau ikut campur.

5. Kosan Abnormal
Gatau sih gw sotoy apa engga, tapi gosipnya sih ada kosan macem kaya presepsi gw gini, letaknya di Babarsari di kawasan kampus juga. Iya abnormal. Karena anggota di dalamnya heterogen alias cowo cewe campur bae (oke ini masih bisa ditolerir ya, di bandung atau jakarta juga banyak). Tapi yang abnormal dan ga bisa di tolerir yaitu kosan yang anggotanya kumpulan lesbian atau homoan. Mungkin bisa dibayangkan?

Oke itu kategori yang mampu gw jelasin, semua hasil observasi yang ga sengaja gw lakukan, ya sambil main ke kosan temen gw celingak celinguk aja sambil bandingin perbedaan antara kosan satu dengan kosan lainnya. Fenomena kosan di Daerah Kampus apalagi Jogja bener- bener selalu berkembang, tiap tahun pasti bertambah dan progres. Oh iya belum dilanjutin, alhasil gw ngontrak 1,5 tahun merasakan juga ngurusin rumah berempat dengan teman-teman cewe gw. Dari ngontrak gw balik lagi ngekos dipenghabisan masa perkuliahan gw tapi tidak di kawasan UGM ataupun babarsari tapi lebih ke tengah- tengah dan gw bilang masih dalam lingkup strategis yaitu daerah kotabaru kalo kawasan UGM masih Sleman, kalo Kotabaru sesuai namanya alhamdulillah sudah lingkup kota alias  kota Yogya. Tipe kosan gw ini sebenarnya antara 3 dan 4 jadi pas lah ya hehe. Kosan gw yang ada di kotabaru yaitu Jl. Trimo No. 3 hanya terdiri dari empat kamar. Dua teman kos gw pun adalah adik-adik kelas di SMA, satu lagi mahasiswa S2 UGM, yang punya rumah orang magelang dan tinggal di magelang tetapi seminggu sekali pasti singgah ke Jogja. Rumah sekaligus kosan diserahkan oleh anak bungsunya yang juga menjalankan studi di UGM. Dengan anggota kosan seperti ini gw nyaman dan asik- asik aja, kami dekat tapi tetap menghormati privasi masing- masing. Cari kosan kayaknya ga beda jauh ama cari jodoh *eaa.

Kamis, 12 April 2012

Pendatang VS Tuan Rumah

Berawal dari percakapan sehari- hari antara saya, teman kos, teman sekelas dan juga pacar sendiri yaitu tentang bahasa ibu atau bahasa asli/ asal. Saya sendiri keturunan suku Minang yang lahir dan besar di Ibu kota, tidak tau banyak dan tidak bisa berkomunikasi dengan bahasa Minang.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan anggota rumah yang lebih sering  menggunakan bahasa Indonesia untuk bahasa sehari- hari. Saya secara garis besar adalah warga Jakarta, hidup, bersosialisasi, makan, main, dan belajar selama 17 tahun di kota terpadat tersebut. Saya nyaris tidak terbiasa dengan bahasa dan budaya lainnya.

Umur 18 tahun saya pindah ke Yogyakarta untuk kuliah. Yogyakarta adalah kota dimana budaya dan bahasanya lembut dan santun. Kota ini bisa dibilang "Indonesia kecil" mengapa begitu, karena hampir semua suku Indonesia ada di Yogyakarta. Ini disebabkan Kota Yogya sudah terkenal kualitas pendidikannya  diseluruh Indonesia bahkan di negara tetangga. Akhirnya banyak yang bersekolah jauh- jauh dari daerah lain kesini, seperti saya pun juga termasuk didalamnya. Hal ini mengakibatkan mata saya terbuka lebar mengenal kebudayaan teman- teman saya yang berbeda suku.

Awal tahun saya di Jogja, saya sangat anti mencoba berkomunikasi bahasa Jawa, saya merasa bahasa Jawa untuk melafalkannya saja perlu gesture yang sangat amat berbeda dengan bahasa Indonesia. “Medok” istilahnya, itu sulit sekali!! jujur saya memang malu untuk berbahasa Jawa, bukan malu karena medok atau karena itu bahasa daerah, tetapi saya malu kalau melafalkannya salah dan “gak masuk” apalagi lawan bicara saya asli orang Yogya, dan menurut saya waktu itu kalau saya memakai bahasa Jawa saya seperti labil dan “ikut- ikut” “sok-sok an” dan terkesan sok akrab.. hehe kebiasaan saya berprasangka buruk. 

Beberapa teman dekat saya sekelas sangat toleransi dengan ketidakbisaan dan ketidakmauan saya untuk berkomunikasi dengan bahasa jawa seperti mereka, tetapi sayangnya antara teman saya yang lain (yang bukan teman dekat) saya menjadi mempunyai jarak. Teman-teman saya tidak mau menerima saya dan saya pun tidak mau membaur untuk masalah bahasa ini. 

2012 ini adalah tahun dimana saya menjajaki semester akhir di perkuliahan, dan saya pun masih belum memakai bahasa Jawa dalam setiap percakapan saya, ya mungkin hanya sesekali dan beberapa kata saja yang suka saya ucapkan (Good job!). Peningkatannya saya sudah bisa mengerti kalau orang berbicara menggunakan bahasa Jawa tetapi saya masih belum bisa bercas-cis-cus ria menggunakan bahasa Jawa.

Saya iseng berbincang dengan beberapa teman yang berasal dari Jakarta juga, mereka dulu pernah berpendapat atau sekedar mengejek bahasa Jawa yang medok, tetapi dengan seiringnya waktu dan karena tuntutan peran pendatang, kami terbiasa dan menganggap wajar bahasa Jawa dengan segala lafalnya. Setelah itu saya pun juga berbincang dengan para teman asli Yogya, ternyata mereka mengeluh ketidaksukaannya dengan logat orang Jakarta yang cenderung kasar dan terdengar sombong.

 Lalu hal ini akhirnya saya observasi, saya sering berusaha menguping untuk merasakan menjadi dua sisi suku tersebut, walaupun saya termasuk kedalam salah satu suku tersebut. Saya meresapi dalam-dalam percakapan seseorang yang menggunakan bahasa Jawa dengan prespektif sebagai orang Jakarta, dan hal ini saya akui sangat sulit, dan saya tersadar bahwa saya ternyata telah melebur dan terbiasa, dan jika disuruh berfikir subyektif dan “asal ceplos” saya punya pendapat tentang bahasa jawa (tidak termasuk bahasa kromo ya dalam konteks ini adalah bahasa sehari- hari) bahasa Jawa ataupun bahasa manapun memang sebenarnya tergantung siapa yang berbicara.

Bahasa Jawa sehari- hari saya pikir memang lebih halus dibandingkan dengan bahasa Indonesia yang dipakai di Jakarta, tetapi.... Bahasa Jawa lah yang paling bisa melukai hati seseorang, hehe saya pernah lho merasa sakit hati mendengar seseorang berbicara dengan menggunakan bahasa Jawa yang walau diartikan dengan bahasa Indonesia dan dilafalkan oleh orang Jakarta mungkin saya tidak akan tersinggung atau sakit hati tapi entah mengapa gesture beberapa orang dan menggunakan bahasa Jawa tersebut mampu melukai perasaan. 

Lain lagi saat saya berusaha mendengarkan percakapan orang yang saya tidak kenal, tetapi saya dapat memastikan bahwa orang- orang tersebut pasti dari kecil berdomisili di Jakarta juga, saya perhatikan dan dengarkan baik- baik percakapan mereka, dan tidak sampai 1 menit saya pun sadar, bahwa memang kurang nyaman di telinga, saya menyadarinya dan saya akhirnya tau mengapa teman- teman saya selalu mempunyai jarak dengan saya. Logat, gesture, cara berbahasa, first immpression, semua hal itulah jawabannya.

Kacamata kuda adalah cara berfikir kebanyakan dari kita, termasuk saya. Kita tidak mau berbaur,  tidak mau menerima, serta menilai seseorang hanya dari luarnya saja. Inilah yang menyekat-nyekatkan kita walau kita sudah tidak lagi dijajah sama Belanda. Menurut saya perbedaan antar suku harus menghilangkan hal tersebut. Kita harus menerima budaya daerah lain maupun kita hanya pendatang maupun si tuan rumah. 

Seperti kota Yogya yang sudah bernasib dikepung mahasiswa dari Sabang sampai Merauke, para tuan rumah pun harus membuka diri dan menganggap hal biasa dan normal dengan perbedaan budaya tersebut. Bagi pendatang, jika belum bisa berbaur dengan ikut dan memakai bahasa Jawa, sangat disarankan untuk terbiasa pula dengan budaya dimana mereka singgah tersebut, tetap menghormati dan terus mencoba berbaur. Menurut saya jika kedua belah pihak ini saling mengerti, mau mengalah dan belajar saya yakin tidak ada gap antar suku lagi baik di pulau Jawa , Sumatra, Kalimantan, Papua, dan lain- lain. Karena suatu keberhasilan sosial tidak bisa dijalankan oleh satu sisi J

Kamis, 29 Maret 2012

lanjutan #KOMODOTRIP

Hai hai lanjut lagi  #KOMODOTRIP-nya ya. Lanjut kehari hari berikutnya tapi saya janji ga panjang- panjang nulisnya biar ga pegel bacanya. Oke perjalanan dimulai dengan travel agent nya mas Figo kami segera bergegas ke pelabuhan dengan menggunakan bemo. Haha bemo disana itu kayak angkot di Jakarta tapi mereka bilang itu bemo, gak sampe 5 menit kami sudah loncat2 ke perahu. Tim perahu/ boat kami yaitu ada Mas Kiran sebagai kapten, dan 2 awak kabin lainnya (emang pramugari) yang bertugas menjadi koki dan asisten kapten , dan kami berlima, kenalin nih 3 bule yang datang dari beda- beda negara ada Daniela dari Belanda, Peter dari Poland dan yang kakek ganteng ini Tony dari Australia. Okay kami berdua akan terus bersama 2 hari 1 malam bersama mereka (semoga saya jadi lancar bahasa Inggris-nya *ngarep?*)



(ki-ka : Racco, Dan, Mas Kiran, Peter, and Tony)

kita makan disini , tidur disini juga tapi sayangnya pas kita pajamas party ga ada fotonya haha kalo malem ini meja di pinggirin dan di alasin matras dikasi sprei, selimut dan bantal :)

Berangkat dari Lbj- p. Rinca : 2 jam ( keadaan suasana masih krik2 di tambah lagi Uncle Tony pake sumpelan kuping karena boat berisik bgt mesinnya)



P. Rinca / Loh Buaya ini dia Ranger kita yang ramah

komodo di P. Rinca

Di loh buaya a.k.a Pulau Rinca ini jumlah komodonya lebih banyak tapi ukuran komodinya kecil, liat aja foto saya bersama komodo diatas kecil kan? menurut ranger, komodo di Pulau Rinca ini telah membunuh 3 orang, ya jaman dulu sih  saking komodo nya laper jadi nyerang warga, yang saya heran pulau Rinca ini berpenduduk lho. haa cari mati ini emang orang,ya tapi mau gimana lagi namanya juga warga asli mau kaya gimana juga ga mau ninggalain tanah kelahirannya. 

Jadi Ranger curhat katanya kita wisatawan domestik pertama yang mau long tracking, biasanya nih wisatawan domestik cuma sampe dapur yang banyak komodonya tok. foto2 terus udaaah, mereka ga mau capek. lain dengan wisatawan asing yang semangat tracking tapi ngambek kalo pastracking ga nemu komodo sama sekali haha dasar manusia.



pemandangan saat tracking

Ranger ini masih muda banget , dia orang Bajawa (daerah di Flores yang cukup jauh dr P. Rinca) Ranger ini bekerja 10 hari masuk dan 10 hari libur sistemnya, tapi dia ga mau jadi Ranger selamanya juga katanya juga mau kuliah lagi hehe (ranger kesempatan curhat kali ya mumpung ada wisatawan domestik yang seumuran). Saat  tracking berlangsung kita hanya ketemu 1 komodo dan beruntungnya walau cuma 1 komodo, tapi ia lagi mencari telur komodo dan ingin memakannya. Jadi komodo adalah hewan  kanibal, jika mereka kelaparan ia akan memakan telur- telur komodo bahkan saling membunuh dan memakan temannya sendiri.



sikat jon!
Oh ya ada kejadian lucu pas kita masuk ke P. Rinca kan bayar dulu tuh dikantor ketiga bule ini dibikin sewot oleh ulah 2 petugas taman nasional karena kita diberatkan untuk bayar ina itu. kami yang domestik pun juga walaupun jumlahnya beda bgt, haha. dasar endonesah liat bule dikit langsung diporotin, jadi kami harus bayar tiket masuk, lalu retribusi pemda manggarai, parkir perahu, dan biaya ranger. hmm total kami bayar 35 ribu dan si bule 90 ribu kalo saya tidak salah itu pun kita musti nipu bilang ga bawa kamera. kamera pun kena bayar juga.. Kelar Pulau Rinca, kami langsung bergegas ke Pink Beach yihaaa! sekitar jam 1 atau jam 2 kita sampe Pink Beach dan chemistry sama si bule udh mulai terbentuk nih haha. Makin asik kali ya, karena snorkeling bareeeng :D. 

saya beli kalung manta dan nawar setengah mati 



Kalo ke pink beach jangan lupa bawa cover camera yang water proof soalnya kapal ga bisa merapat di pink beach jadi menuju ke pantainya dari kapal harus nyebur dan berenang kalo kameranya ga ada cover water proofnya yaah sayang bgt!!
Dari pink beach kami segera menuju P.Kalong /P.Kelor karena udah kesorean.. kami akan bermalam di pulau kalong karena airnya tenang sunset disini jugaaaa J


bermalam di P. kambing juga P. kalong perahu beruntun agar tak terbawa ombak :)

Malam tiba, kami makan malam dengan masakan yang lumayan enak dari koki perahu. Kita berlima saling bercerita dari mulai masalah susu, keju, tilang, liburan, perekonomian tiap negara, sampai pada akhirnya Uncle Tony bernyanyi untuk kita, suaranya lumayan lho dan dia nyanyi 3 lagu Elvis! Haha mereka lucu bgt lah pokonya.. Daniela yang ramah dan ga suka di foto itu ga bisa lepas dari junk food dan keju makanya walau dia traveling kalo nemu Mcd seneng bgt sekali. Mereka bertiga bener-bener travelling sendirian, saya iri banget mendengar mereka pamer abis keliling indonesia, ada yang dari danau kelimutu, bejawa, ruteng, toraja, kalimantan, derawan oh my saya belom kesanaaaa haha tapi untungnya saya bisa cerita kalo udah ke kawah ijen J dan mereka tertarik! Dan satu percakapan Danniela yang saya inget baik2 yaitu,  me : “daniela why you are traveling alone?” Dann : “I wonder with people in here, daniela where your husband? Where your boyfriend? Why travel alone? do you not afraid? oh gosh, I was traveling alone, but when I'm traveling, the evidence I do not ever be alone .. yeah like this now . 

Senin, 26 Maret 2012

Father and Daughter

Stevie Wonder & Aisha
Isn't she lovely 
Isn't she wonderfull 
Isn't she precious 
Less than one minute old 
I never thought through love we'd be 
Making one as lovely as she 
But isn't she lovely made from love 

Isn't she pretty 
Truly the angel's best 
Boy, I'm so happy 
We have been heaven blessed 
I can't believe what God has done 
through us he's given life to one 
But isn't she lovely made from love 

Isn't she lovely 
Life and love are the same 
Life is Aisha 
The meaning of her name 
Londie, it could have not been done 
Without you who conceived the one 
That's so very lovely made from love  



saya ngeh lagu ini didedikasikan untuk anak perempuan stevie wonder karena salah satu stasiun tv membahasnya, hmm saya langsung putar ulang lagu ini di laptop dan mencerna betul- betul liriknya hehe karena saya memang suka gak ngeh ama lirik lagu padahal sering dinyanyiin. Ternyata makna lagu ini dalem banget yah mungkin kalo sekedar diartikan ke dalam bahasa Indonesia lagu ini sangat sederhana artinya. tapi coba deh dinyanyiin sebahagia dan sehikmat stevie wonder menyanyikannya. saya langsung ikutan seneng lho. dari lirik ini terlihat suatu kenyataan bahwa seorang ayah sangatlah mencintai anak perempuannya  bahkan dalam konteks stevie wonder yang buta. seorang ayah yang beru saja mempunyai anak walaupun dia tidak dapat melihat anak perempuannya yang baru lahir. tapi pada bait :


 Isn't she lovely 
Isn't she wonderfull 
Isn't she precious


seakan stevie menanyakan dan meyakinkan keseluruh penghuni dunia  apa anaknya sesuatu indah? menakjubkan? membanggakan? hal ini karena dia sangat- sangat bahagia.


I never thought through love we'd be 
Making one as lovely as she 
But isn't she lovely made from love 

Isn't she pretty 
Truly the angel's best 
 


seorang ayah sangat menyanyangi putrinya lebih dari apapun yang ada di dunia ini, begitu pula seperti seorang ibu menyanyangi putranya. hal ini sangat adil  dan ini sangat natural. Bagi saya seorang ayah bagai rumah yang hangat, penuh rasa aman , dan penuh kasih sayang ..saya tidak akan mengecewakannya dan akan pula selalu menjaganya seperti ia menjaga kami  putrinya :) 


Kamis, 15 Maret 2012

The Dragon From Indonesia



#KOMODOTRIP PART  1

Hai hai hai, seperti biasa blog ini kurang ter-urus karena yang punya pemales, tapi utungnya untuk tulisan yang satu ini saya gak pake males- males nulisnya. Yak #KOMODOTRIP kenapa pake hastag segala sih? Hehe jawabannya karena kemarin saat saya jalan- jalan saya selalu sibuk ngetwitt pake hastag ini dan banyak yang nanya- nanya tentang trip yang satu ini. Oke mungkin kali ini saya akan menyajikan berbelas- belas paragraf dan semoga  kalian semua ga bosen bacanya yaaa :)

Awal yang Mulus

Komodo trip adalah trip saya bersama pacar saya Racco (lagi). Awal mula rencana trip kita kali ini yaitu sekitar 8 bulan lalu. 8 BULAN ? lama amat? Iya, kami punya ciri khas traveling yang dipersiapkan jauh-jauh hari terutama masalah transport.  Untuk komodo trip ini, 8 bulan yang lalu sebuah maskapai penerbangan termurah yaa  you know what i mean, mengadakan promo besar- besaran seperti saat perjalanan kami ke Singapura tahun lalu yang juga disponsori oleh kemurahan maskapai tersebut. Rencana awal kami hanya ingin ke Bali secara yakan saya baru 1 kali ke Bali dan itupun waktu kecil dan saya lupa Bali kaya apa, yaudah kami booked tiket ke Bali 7 Maret 2012. Kenapa 7 Maret?  ya soalnya pacar saya tanggal 5 nya ulang tahun jadi ya itung- itung liburan sehabis ulang tahun.. tapi maskapai  low budget  dengan selogan “now every one can fly”  tersebut tidak mempunyai rute yang banyak.. apalagi Yogya- Bali pun saat ini belum ada, maka dari itu mumpung murah dan mumpung kami orangnya niat,  kami booked lah rute  Yogya-Jakarta  lalu Jakarta- Bali pulang- pergi dengan harga per-orang ke Jakarta dari Yogya hanya 5 ribu rupiah dan untuk Jakarta Bali 100 ribu. Sangat amat teramat murah kan?  *give a kiss to  maskapai merah murah meriah tersebut* oke transport beres dan masih ada waktu 8 bulan untuk menabung dan nyicil skripsi :p

PLAN A , B , or C ??!!

Oke waktu makin maju, makin ga kerasa udah mendekati bulan Maret yang terasa berat selain tekanan dari mana saja tentang  : skripsi yang ga rampung-rampung proposalnya!!haha.. bulan Maret pun didepan mata! dan yang jangan ampe terlupakan bahwasanya saya pun harus double cari uang karena tanggal 5 Maret nya Racco ultah berarti KADO. oh my god fix saya banting tulang bulan Februarinya. Dari segala jualan hp, jaga pameran, ngarepin beasiswa, dan yang terpenting adalah lebihan uang BOP hahahhaha (cara paling ampuh). Yaaa Tuhan tau lah, mahasiswa seperti saya butuh liburan jadi ampunilah dosa- dosa saya ya Allah :p. Setiap perjalanan yang saya lakukan pasti mempunyai kendala, belum pernah saya traveling lancar jaya selancar mengedipkan mata atau membalikkan telapak tangan, ya mungkin kalo saya anak konglomerat acara jalan- jalan saya jelas lancar- lancar aja. Selain yang bikin pusing masalah dana, yang bikin puter otak lagi kami berdua suka banget merubah rencana. Sekitar 3 bulan setelah membeli tiket, kita berfikir sebenarnya tidak terlalu interest ke Bali kami lebih interest ke G. Rinjani yang ada di Lombok maka dari itu (saya khususnya) langsung rajin latihan fisik dari rajin berenang di Depok Sport Center lalu lari sore muterin Mandala Krida hehe biar kurus cuuuuuyyyy. Lagi seneng- senengnya olahraga muncullah twitt dari salah satu akun twitter khusus jalan-jalan bahwasanya G. Rinjani ditutup sampai dengan akir Maret beralasan cuaca yang buruk a.k.a musim hujan. Jeng jreeeeeeeng  harus kemanakah kita? Apakah stay di Bali aja? Putar otak lagi, pacar saya yang emang penggemar kebun binatang dan suka sama binatang dia cita- cita banget ke Pulau Komodo. OKE! KOMODO!!! Tepatnya semudah mengedipkan mata kami menentukan tempat untuk travelling hihi. Stop top stop “komodo kan di NTT bang” ucap saya kepada pacar saya “ iya. Emang ngapa?”  haha saya rasa pacar saya ini waktu SD nilai IPS nya merah, gatau apa dia kalo Pulau Komodo itu ada di NTT yang ga lain dan ga bukan ada di Flores? Yang entah saat itu saya juga gatau itu udah termasuk WITA apa jangan – jangan udah WIT? Haha saya sih oke oke aja, cus  deh berangkat tanpa buka- buka atlas.

How We Got The Dragon


Awalnya kami berencana dari Bali menggunakan jalur darat, tetapi setelah mengamati peta jalur bus ke p. Komodo ga mungkin banget kita lewat jalur darat, masalahnya kita udah beli tiket PP 7 -14 Maret. Oke kita mulai search tiket pesawat Bali- Labuan Bajo dan hanya ada 3 maskapai yaitu Merpati, Trans Nusa dan Sky Aviation, buset apaan tuh 2 maskapai terakhir saya bener- bener baru denger. Hehe saya search pake Merpati aja karena kedua maskapai terakhir ga keluar harganya (haha bener- bener website yang aneh).  Oke Merpati ada promo Bali- Labuan Bajo just 400 an ribu dengan harga promo. Okeee tapi duitnya belom ada bro! saat saya search... Saat itu juga masih sangat gambling karena pacar saya racco sedang menunggu jadwal sidang skripsi yang entah kapan jadwalnya keluar. Bingung kan tuh kalo bentrok gimana?? Makanya kami putuskan untuk menunggu jadwal sidang keluar dulu. Racco pun berdoa agar sidang tanggal 5 Maret aja biar pas bin spesial tapi ternyata tanggal 5  baru keluar itu jadwal yg ternyata dia pendadaran tanggal 7 Maret pukul 16.00.  wohooo once again get the trouble! Tapi semakin kepentok semakin jago mensiasati. Hehe ini dia yang paling sering terjadi dengan model pembelian tiket pesawat promo dengan jauh- jauh hari insting musti ikut campur banget, kalo meleset ya seperti ini laah hehe. Oke dengan cekatan kami langsung jual tiket kami yang turah- turah tersebut. Kami memutuskan untuk berangkat tanggal 8 Maret makanya tiket berangkat pun kita sale habis- habisan tapi sayangnya hanya tiket saya yang terjual tapi gapapalah itung2 nambahin beli tiket normal ke Bali-Labuan Bajo yang pastinya gila harganya karena kami belinya mendadak. Rasanya gak mau liat harga tiket tersebut Yogya-Bali kita dapet 400 an ribu dan Bali – Labuan Bajo 800 ribu ini semua per orang ya. Pulang dari Labuan Bajonya yang masih dapet promo walau itupun harga tiket sudah menginjak 500 an. Oho udah kebayang pertengahan Maret- April saya makan nasi aking di kosan -___-.

Masalah transport kelar ya .. sekarang masalah penginapan, Bali beres karena kami punya kenalan yaitu vokalis band yang pernah racco manajerin punya rumah di Bali maka dari itu gratis. Kalo di p. Komodo gimana? Entah gimana. Asli kami ga bisa well prepare masalah penginapan untuk p. Komodo kami sudah search tapi sulit banget untuk model backpacker, di web hanya ada tour, tour, dan tour yang harganya bisa buat naik haji. Haha makanya kami pasrah, menemukan sih berapa blog yang bilang bisa numpang rumah warga ada yang tidur di kapal. Yang jelas kami buta kalo sudah sampai Labuan Bajo. Kami memutuskan untuk santai aja itu urusan nanti di Labuan Bajo aja. Yang jelas kami prepare adalah peralatan dan perlengkapan pribadi dan search tempat- tempat yang bisa di explore di Pulau Komodo. Wohoooo silahkan kalo iseng ketik aja keyword di om google, bakal keluar tempet wisata yang bikin ngiler se- iler2nya manusia. Saya gatel kalo cuma search “backpacker komodo”  coba saja googling backpacker Flores atau wisata Flores. Buanyak banget yang saya ingin kunjungi tetapi budget yang mefet dan waktu yang mefet akhirnya hanya bisa mengantar kami meuju wisata Pulau Komodo dan sekitarnya dan itupun udah seneng banget. One day saya pengen sikat itu pulau Flores yang sering disebut Copa de Flores atau Nusa Flores alias Pulau Bunga, oh ya saya akui perjalanan kami kali ini tidak begitu backpacker untuk masalah transportasi hmm bisa diitung flashpacker kayaknya :p. Oke selanjutnya saya akan paparkan perjalanan saya hari pertama sampai akhirnya kami selesai trip to komodo!

#KOMODOTRIP PART 2

Well dimulai dari cuaca, lagi- lagi kami tidak belajar dari pengalaman, karena cuaca  ternyata sangat menentukan nasib suksesnya liburan anda- anda sekalian udah berminggu- minggu di Yogya hujan, hujannya awet bikin wet wet wet. Bener- bener nekat! kami hanya berfikir semoga beda bagian wilayah Indonesia berarti beda juga cuacanaya.. ya seperti  #eastjavatrip tempo dulu, Yogya udah  hujan, Jawa Timur belom ujan- ujan banget (hehe maksa ya tapi terbukti kok.. ) dan yang bikin nyesek, malam saat kami mau berangkat saya masih ising- iseng liat BMKG pengen tau cuaca di NTT khususnya Labuan Bajo. BMKG mengatakan bahwa ramaalan cuaca di NTT "Hujan Sedang". Lalu saya search Yogya ternyata ramalan cuacanya juga tertulis "Hujan Sedang".  Ramalan  tersebut untuk hari ini dan esok hari. Ooooooh jadi  yang dibilang BMKG "Hujan Sedang" itu kaya gini nih? jleb banget dia kata hujan sedang, ini mah hujan deras bin ambyar. Yaa tapi namanya juga ramalan cuaca, kalo dipercaya namanya tahayul bro :p

Day 1

Flight jam 20.50 kalo saya ga salah, jam segituan deh ya pokoknya. Dari kosan pun udah hujan gede. Bikin deg- deg an aja deh saya bukan numpa mobil yoo iki numpak pesawat.. udara bro kalo cuaca ekstrim kan lumayan bikin ciut. Tapi untungnya tiba di bandara hujan mulai gerimis. Oh yaaa saya kan pake maskapai bersimbol singa tuh ya otomatis lah delay untung gak lama- lama amat cukup sekitar 30 menit delaynya. Saya sampai dengan selamat di bandara Ngurah Rai yah tengah malem gitu lah dan masalah pun belum selesai disini saja ternyata. Jadi, rumah om fred (si vokalis yang punya rumah di Bali) itu di Sanur, Bandara – Sanur naik taksi bisa sampe 100 ribu padahal besok pagi jam 7 an kita harus sampe bandara lagi untuk flight Labuan Bajo. Brarti 200 ribu. Hmm ini namanya diperalat waktu dan transportasi. Akhirnya setelah memantau keadaan bandara dan pikir- pikir ada dua tempat yang bisa dijadiin tidur darurat yaitu mushola dan kursi panjang didepan pintu keberangkatan domestik, saya sih prefer di mushola tapi setelah tanya- tanya musholanya katanya kotor dan banyak nyamuk dan letaknya deket wc dan repot juga kalo tiba- tiba subuh- subuh racco dibangunin imam suruh qomat sekalian sholat subuh hehe. Makanya kami akhirnya tidur di kursi panjang depan keberangkatan domestik. Hemat 200 ribu bro remuk remuk dah gapapa.



Siap- siap tidur di kursi bandara Ngurah Rai -_-
Day 2

Jam 5 aja udah rempong banyak orang lalu lalang namanya juga bandara yakan, hmm zombie lah kita jadinya badan remuk masuk angin dan musti melanjutkan perjalanan. Oh iya karena saya orangnya parno-an tadinya tas jinjing saya yang berisi barang- barang berharga waktu tidur saya kalungkan dileher hehe, dan daypack dan carrier diikatkan ke kursi yang saya tindih dengan kaki. Bisa bayangin kan tapi untungnya Racco membangunkan dan memberi tau di deket gate keberangkatan ada locker cuma bayar 25 ribu barang- barang aman karena ada petugas dari bandara yang jagain. Oke daripada berjuta- juta ilang meningan bayar 25 ribu tapi safe! Wihiii note it ya ada locker di bandara ngurah rai. Oke pagi- pagi kita cari sarapan dan akhirnya nihil cuma baru ada CK yang buka. Hmm popmie dan makanan anget2an lah yang kita sikat. Kita numpang makan di tempet locker dan disitu ada 2 petugas yang jaga dan dipagi hari yang cerah namun menurut saya bandara ini amat kumuh hehe.. ada cerita lucu dari gelagat 2 petugas locker tersebut tapi mereka baik- baik sih  buktinya saya bisa nebeng makan di ruangan tersebut.  Jadi petugas ini dua- duanya bukan orang Bali tapi dari dua daerah yang sangat jauh berbeda dan bener- bener dapat diterka dari paras mukanya hehe yang satu dari Batak yang satu dari Alor. Kebayangkan si abang satu ini gemuk dengan muka kotak khas batak suara pun lantang sangat mencerminkan orang Bataklah diapun sangat bangga sepertinya jadi orang Batak, yang satunya hitam kecil lucu bangetlah pokoknya.. orang Alor dengan logatnya yang yaaaa you know laaah sumber air sudekat. Hehe pis loh . Sambil menyeruput popmie saya sibuk mendengarkan 2 orang ini berceloteh bahkan saya sampai terbahak-bahak, karena beneran deh kayak kartun atau sitkom. Jadi di Bali kan kental banget agama dan budayanya jadi setiap tempat usaha pasti ada tempet sembhayangnya dan dua orang ini yang tiap hari masang dupa buat sang dewa atau mengurus sajen buat sang dewa, si Batak yang agak selengean ini mempraktekan ngobrol sama kotak sembhayang :” oke bro makan dulu ya bro” sambil nyalahin dupa (untuk umat Hindu jangan sakit hati ya semoga jadi pembelajaran kita harus saling menghormati sesama umat beragama) belum lagi mas- mas dari alor yang ternyata dia lumayan berwawasan luas dan dia juga bercerita perjalanan pulang ke Alor dari Bali, karena saya akan terbang dengan pesawat berbaling2 dia pun bercerita pengalamannya menggunakan pesawat baling- baling. Katanya baling- baling pernah berenti sebelah!! haha ketawa sih ketawa tapi ini deg- deg an gila sebenernya.  Si mas- mas alor ini pun juga cerita banyak tentang Alor hmm jadi pengen ke Alor... Oke akhirnya saya beranjak menuju pesawat dan saya mantapkan hati Bismillah untuk pertamakalinya dengan jantung hampir copot akhirnya saya naik pesawat baling- baling yang terbang rendah dan menampilkan pemandangan yang luar biasa selama diatas awan :)

pesawat baling- baling






Pemandangan dari pesawat Bali- Labuan Bajo


Kalo ga salah kami sampai di bandara Labuan Bajo pukul  11.00 WITA. Begitu kita sampai sempet takjub dengan bandara yang amat sangat minimalis lebih tepatnya mini nan sederhana sesampainya di bandara Labuan Bajo saya dan Racco pun seperti : anak ilang. Yak kami gatau musti ngapain hehe dan benar saja apa yang dikatakan para backpacker yang telah mereka infokan di beberapa blog bahwa setibanya di labuan bajo jangan kaget kalau banyak banget calo tour and travel yang ngerubungin orang- orang yang baru turun dari pesawat. “ ya kaka mau kamana kaka? Komodo kaka rinca bla bla bla” karena saya sudah mengerti maka saya acuhkan. Tapi acuh sih acuh, trus kita ngapain dooong ini? seketika, karena memang kita satu2nya turis lokal yang berada di situ nyamperinlah itu polisi bandara yang masih terbilang bujang tanggung. Kami di tanya- tanya mau kemana dan di nasehati agar jangan mengubris para calo, kami disuruh santai aja nanti dibantu dicarikan penginapan, dan transport keluar dari bandara. Hmm dalem hati sih agak was- was dan udah nyadar kayanya ini polisi bandara juga ngantau deh jadi calo Cuma caranya aja lebih aluuuussss. Karena kami cukup lugu yasudah kami santai- santai saja tiba- tiba kami sudah di jemput mobil avanza dan di turunkan di penginapan komodo indah yang ternyata milik keluarga si polisi tersebut permalam 150 ribu akhirnya kami manut saja, setelah menaruh barang ternyata kami disuruh bayar ongkos avanza yang mereka sebut taksi tersebut daaaaaaan harganya 50 ribu padahal bandara- penginapan hanya ditempuh 5 manit saja! Yak kami diperdayai oleh orang Labuan Bajo karena kebetulan sang supir taksi tersebut hitam, kekar, dan bermuka bengis kami pun ciut untuk nawar agar gak bayar segitu banyak. Yaaa buat pelajaran aja besok kalo kesana lagi cukup naik ojek dengan harga 10 ribu rupiah saja sampai area penginapan/ pelabuhan.
Copa de Flores! yihaaa

Yang perlu di ingat di labuan bajo penginapan banyak banget terutama di deretan pelabuhan sepanjang jalan pelabuhan kalian bisa menemukan penginapan dari yang murah sampai bertaraf bintang seperti hotel jayakarta, lalu ada travel tour yg menyiapkan perjalanan kita perpaket, ada tempat peminjaman alat snorkeling dan diving, ada toserba, ada tempat makan , kafe, dan tempat beli oleh2 yang hanya ada 2 toko dan itu pun sama saja isinya (kurang menarik dan ga ada yang bagus. Palng beli kaos gambar komodo 1 nya 50 ribu gabisa kurang).
labuan bajo

Oke penginapan kalo low seasons BISA DI TAWAR kalo dia ngasi harga 150 ribu tawar aja jadi 100 ribu. Lalu untuk masalah trip kami kemaren menelusuri jalan sepanjang pelabuhan dan tanya- tanya setiap tour travel tersebut kami ikut yang model join lebih murah karena kami kan hanya berdua. Kapal mesin 2 motor maksimal bisa di isi sampai 7 wisatawan. Kemaren kami join sama 3 bule dengan trip 2 hari 1 malam (labuan bajo- p. Rinca- pink beach- p. Kelelawar- p. Komodo- manta point- p. Kanawa- labuan bajo) berlima dapet harga 500 ribu per orang (bagi wisatawan lokal. Kalo bule pasti dimahalin) sepertinya kalau kalian berbanyak orang mungkin bisa sampai 400 bahkan 300 yang penting jago nawar, karena yang perlu diingat orang- orang labuan bajo masih sangat tidak kompak dalam menentukan harga standart trip tersebut setiap orang berlomba- lomba untuk ngibul dan nyari untung jadi jangan segan- segan untuk NAWAR.
Hari kedua ini kami habiskan untuk istirahat dan searching agen trip, selain itu yang bikin drop mood adalah hari kedua ini full hujan.. dan untuk makan malam kami berkunjung ke Resto Matahari, kesan pertama sih yah enak pemandangan langsung ke pelabuhan tapi setelah hampir 2 jam menunggu makanan pesanan kami tak kunjung datang! harganya pun harga bule, dan pelayannya songong- songong semua . Akhirnya saya tinggalkan pesanan makan malam saya tersebut. Kami menyusuri jalan pelabuhan tersebut dan bertanya pada warga setempat : ”misi kaka, dimana ya tempat makan biasa untuk orang lokal yang enak?” lalu di tunjuklan di sebrang jalan yaitu tempat makan sederhana namanya Cahya Jakarta akhirnya menemukan yang cocok buat orang Endonesah dengan harga Endonesah tapiiii rasanya ENAK bro cepet juga! Recomended lah ini ya.. noted!
Balik ke penginapan kami beres- beres menyiapkan untuk esok hari jam 8 harus udah sampe di agen trip nya mas Figo yang sudah kami langsung bayar tadi. makin drop karena hujan tak kunjung henti sampai kami bangun sampai kita jalan menuju agen pun masih gerimis, tapi untungnya kami tetap berangkat.. mas figo yang orangnya terlihat asik bilang : “ masih mending hujan tapi anginnya normal dari pada ga hujan tapi anginya kencang malah yang seperti itu yang saya batalkan mbak” jadi melaut itu yang sangat di takutkan adalah angin kalo angin kencengkan otomatis ombak bisa tinggi J 
oke modal yakin kami pun senang- senang aja, oh ya kami disuruh sewa alat snorkeling seharga 15 ribu di tetangganya mas figo namanya Om siapa gitu saya lupa yang jelas orangnya serem kaya tukang pukul hehe tatoan seremlah mukanya kaya hiu hehe. Tapi baik sih saya aja ngutang dulu gara- gara ga ada kembalian :p